RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajara : Matematika
Kelas / Semester : X / 1
Alokasi waktu : 4 X 45 menit

A. Standar Kompetensi : 2. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan
fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta
pertidaksamaan kuadrat.
B. Kompetensi Dasar : 2. 1. Memahami konsep fungsi.
C. Indikator : 1. Membedakan relasi yang merupakan fungsi
dan yang bukan merupakan fungsi
2. Menentukan domain, kodomain dan range dari
suatu fungsi.
3. Mengidentifikasi jenis-jenis fungsi.
4. Membedakan sifat-sifat fungsi.
D. Tujuan : Setelah kegiatan belajar mengajar, siswa
diharapkan dapat:
1. membedakan relasi yang merupakan fungsi dan yang bukan merupakan fungsi. .
2. menentukan domain, kodomain dan range dari
suatu fungsi.
3. mengidentifikasi jenis-jenis fungsi.
4. membedakan fungsi berdasarkan sifat-sifatnya
E. Materi Ajar : 1. Relasi dan fungsi.
2. Jenis dan Sifat Fungsi.
F. Pendekatan, Model dan Metode Pembelajaran :
1. Pendekatan Pembelajaran : Kontektual
2. Model Pembelajaran : Cooperative Learning
3. Metode Pembelajaran : Diskusi Kelompok model
STAD.
G. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama :
No. | Kegiatan Belajar Mengajar | Alokasi Waktu |
A. | Pembukaan. 1. Apersepsi. a. Mempersiapkan siswa untuk belajar dengan cara menanyakan kepada beberapa siswa tentang aktivitas belajarnya di rumah, apa yang mereka pelajari?, apakah menemui kendala dalam belajar matematika ? b. Selanjutnya menanyakan kepada beberapa siswa tentang hubungan sosial mereka, hubungan dengan orang tuanya, hubungan dengan saudara, hubungan dengan kerabat, hubungan dengan teman sejawat. c. Selanjutnya guru melakukan presensi. 2. Motivasi. Siswa diharapkan menyimak informasi tentang : a. tujuan pembelajaran atau kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa setelah melaksanakan kegiatan belajar mengajar. b. diberikan contoh relasi dan fungsi dalam kehidupan sehari-hari, serta manfaatnya, misalkan hubungan anak dengan ayah, hubungan seseorang dengan temannya, waktu makan dalam sehari atau dalam satu minggu, banyaknya obat yang harus diminum oleh seorang pasien dalam sehari, dll. 3. Pretest dengan memberikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan relasi dan fungsi sebagai berikut: Dalam beberapa hari ini, Annisa sedang sakit, badannya panas dan batuk-batuk. Oleh P. Agus dibawanya ia berobat ke Dr. Jihad di kota Pasuruan. Setelah dari Dokter, Annisa mendapatkan tiga macam obat yaitu sebotol obat batuk dengan aturan minum 3 kali sehari ½ senduk teh, sebotol obat panas dengan aturan minum 2 kali sehari 1 senduk teh dan sebotol antibiotik dengan aturan minum 3 kali sehari 2 senduk teh. Berapa senduk the obat yang harus diminum Annisa untuk sekali minum?. Berapa senduk teh obat yang harus diminum Annisa untuk sehari? Berapa senduk teh obat yang harus diminum Annisa untuk minum obat selama tiga hari? | 10 menit 5 menit 10 menit |
B. | Kegiatan inti
| 10 menit 20 menit 10 menit 10 menit 10 menit |
C. | Penutup a) Diberikan penghargaan bagi yang berprestasi b) Diberi tugas untuk dikerjakan di rumah | 5 menit |
Pertemuan Kedua :
No. | Kegiatan Belajar Mengajar | Alokasi Waktu |
A. B. | Pembukaan. 1. Apersepsi. Siswa menyimak informasi tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa setelah melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Kegiatan inti
| 10 menit 10 menit 20 menit 20 menit 10 menit 10 menit |
C. | Penutup a) Diberikan penghargaan bagi yang berprestasi b) Diberi tugas untuk dikerjakan di rumah | 5 menit 5 menit |
H. Alat : Charta / Peragaan
Bahan : LKS dan Materi Ajar
Sumber : 1. Wirodikromo, Sartono. 2002. Matematika kelas
X, Jakarta. Erlangga.
2. Wirodikromo, Sartono. 2003. Matematika 4
untuk SMU kelas 2 semester 4. Jakarta.
Erlangga.
I. Penilaian :
1. Penilaian Afektif.
No. | Aspek yang dinilai | Skore | |||
Sr SB (4) | Kd B (3) | Jr C (2) | Tp K (1) | ||
1 | Menjawab pertanyaan | | | | |
2 | Mengajukan pertanyaan | | | | |
3 | Mengerjakan soal ke papan tulis | | | | |
4 | Kontribusi dalam kelompok | | | | |
5 | Inisiatif individu | | | | |
6 | Cara memberikan ulasan pada saat presentasi di depan kelas | | | | |
Jumlah | | | | |
Keterangan :



7 – 12 : Cukup
13 – 18 : Baik
19 – 24 : Baik Sekali
2 . Penilaian Kognitif.
Petunjuk mengerjakan :
Jawablah soal-soal dibawah ini dengan :
1. Untuk soal no. 1 – 3, memilih salah satu jawaban yang paling benar.
2. Untuk soal no. 4 – 6, pilihlah salah satu jawaban yang tepat yang ada disampingnya.
3. Untuk soal no. 7 – 10, jawablah dengan singkat dan jelas.
4. Jawablah soal-soal tersebut urut sesuai dengan nomornya.
Pertanyaan :
1. Manakah diantara relasi-relasi berikut yang bukan merupakan fungsi.
A. A B B. A B










5 4 5
7
C. {(1,1),(2,2),(3,3),(4,4),(6,7),(5,4)} D. {(1,3),(2,2),(3,1)}
E. {(1,3),(2,2), (3,4),(2,1), (5,1)}
2. Fungsi
merupakan fungsi ….

A. fungsi identitas B. fungsi kuadrat C. fungsi modulus
D. fungsi konstan E. fungsi linier
3. Manakah diantara fungsi-fungsi berikut yang termasuk fungsi Onto.















7 7 7










7
4 | ![]() | Relasi |
Fungsi | ||
Fungsi Konstan | ||
Fungsi Linier | ||
5 | ![]() ![]() | Fungsi Konstan |
Fungsi Modulus | ||
Fungsi Identitas | ||
Fungsi Linier | ||
6 | ![]() ![]() | Fungsi Into |
Fungsi Onto | ||
Fungsi Satu-satu | ||
Fungsi Satu-satu Onto |
7., Tentukan Daerah asal (Domain), Daerah Kawan (Kodomain) dan Daerah hasil (Range) dari relasi di bawah ini.
![]() |
Y








0 1 2 3 4 5 6 X
8. Tentukan daerah asal (Domain), daerah kawan (Kodomain) dan daerah hasil (Range) dari fungsi
, dimana
dan 



9. Sebutkan sifat-sifat dari fungsi Bijektif
10. Aghsya memiliki seekor kucing yang sangat cantik, bulunya halus, bersih dan mengkilap dengan warna hitam, kuning dan putih, orang jawa mengatakan kucing belang talon diberinya nama si meong. Banyak yang suka sama si meong terutama teman-teman cewek Aghsya. Setiap hari si meong diberi makan tiga kali sehari dengan sekali makan separo bungkus makanan khusus untuk kucing yang dibelinya seharga Rp. 2000,00 perbungkus.
Simak cerita diatas , selanjutnya jawablah pertanyaan berikut ini.
- Berapa bungkus makanan yang diberikan untuk si meong untuk sekali makan?
- Jika setiap bungkus dinyatakan dengan x, dapatkah pernyataan diatas dinyatakan dalam bentuk fungsi? Jika dapat, tuliskan bentuk fungsinya.
- Dalam sehari, berapa bungkus makanan yang diperlukan untuk si meong?
- Berapa bungkus makanan kucing yang dubutuhkan untuk makan si meong selama satu minggu?
- Berapa rupiah , biaya yang diperlukan untuk makanan si meong selama satu minggu?
.
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
........................................................ SRI MULYATI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar